Wednesday, May 6, 2009

RAHASIA PERBEDAAN JUMLAH RAKAAT SHALAT 5 WAKTU

Selama ini mungkin kita sering bertanya-tanya tentang jumlah rakaat shalat fardhu (wajib). Kenapa Subuh hanya 2 rakaat, Maghrib 3 rakaat, sementara Zhuhur, Ashar dan Isya 4 rakaat. Dibalik perbedaan jumlah rakaat tersebut ternyata ada hikmah yang sangat besar untuk kaum muslimin. Para ulama mencoba menjelaskan hikmah tersebut sebagai berikut.
1. Subuh 2 rakaat karena saat tersebut adalah saat dimana manusia baru saja bangun dari tidurnya, terkadang rasa ngantuk masih mempengaruhinya dan kemalasan tidur masih berbekas, maka diringankanlah untuk shalat subuh hanya 2 rakaat.
2. Zhuhur dan Ashar 4 rakaat karena saat itu manusia umumnya masih merasa semangat dan segar menjalankan aktifitasnya.
3. Maghrib 3 rakaat adalah sebagai isyarat bahwa maghrib itu adalah witirnya siang
4. Isya 4 rakaat sebagai penambal kekurangan malam dari siang.

Rahasia berikutnya jumlah rakaat shalat fardhu hanya 2,3 dan 4. tidak ada yang 1 atau 5 atau lain sebagainya karena sayap-sayap para malaikat juga ada yang dua-dua, tiga-tiga dan empat-empat sebagaimana firman Allah Swt dalam surat Fathir :1
اَلْحَمْدُ لِلهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ جَاعِلِ الْمَلائِكَةِ رُسُلا أُولِى أَجْنِحَةٍ مَثْنَى وَثُلاثَ وَرُبَاعَ يَزِيْدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ إِنَّ الله عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya :
Segala puji bagi Allah, Pencipta tujuh lapis langit dan bumi, yang menjadikan para Malaikat sebagai utusan-utusan, yang memiliki sayap dua-dua, tiga-tiga dan empat-empat. Ia dapat menambahkan pada makhluk-Nya menurut apa yang dikehendaki-Nya, Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu

Dengan sayap-sayap ini para malaikat dapat sampat kepada derajat yang tinggi di sisi Allah. begitu pula manusia akan meraih derajat yang tinggi dengan shalat-shalat fardhunya yang memiliki jumlah rakaat 2, 3 dan 4.

Sebenarnya masih banyak lagi hikmah dan rahasia yang terkandung dalam segala perintah ataupun segala ketentuan Allah baik mengenai kejadian atau hukum-hukum-Nya. Apa yang telah kita ketahui dan rasakan hanya sebagian dari hikmah dan rahasia Allah Swt. Tidak boleh kita mengatakan hanya ini satu-satunya hikmah Allah, sebab hakikat hikmah tersebut hanya Allah yang mengetahui.
Hikmah-hikmah tersebut ada kalanya diperoleh dari keterangan-keterangan Al Qur'an atau Al Hadits, ada kalanya dengan ijtihad dan ada kalnya dengan jalan kasfy, sebab sebagian dari umat ini ada yang Allah bukakan bagi mereka rahasia-rahasia kejadian dan syariat.

والله أعلم باصواب

10 comments:

  1. manusia, makhluq Allah yang paling dimuliakan Allah, pasti sangat harus mengerti huku alam, karena dia dan alam itu sedah menyatu menjadi rahmatanlilalamin, salah satu sifat alam adalah mendua tak terpisahkan/ positip negatip. dam apa yang terjadi sesudah subuh adalah alam hdup yang pasti mendua tak terpisahkan - antara kebruntungan dan kerugian - tapi manusia masih bisa mengharapkan keringanan dari Allah, dari akikbat hukum alam yang tak terhindarkan ini, maka bersyukurlah

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Zhuhur dan ashar ada 8, untuk membuka pintu-pintu surga yang jumlahnya 8. Dari keduanya boleh dijamak atau qoshor.
    Maghrib dan isya ada 7, untuk menutup pintu-pintu neraka yang berjumlah 7. Dari keduanya juga boleh dijamak/diqoshor.
    Karena itu kita tidak diprbolehkan menjamak/mengqoshor sholat ashar dan maghrib.
    Subuh ada 2,untuk menghapus dosa kecil dan dosa besar.
    Wallahua'lam

    ReplyDelete
  4. Allhamdulillah. Begitulah artian dr solat solat fardu..dan sy tmbahkan sedikit ya..untuk sklas kita biasanya suka minta imbalan sesudaj solat..bkn tidak boleh..klaupun allah berikan imbalan solat itu..1 sajah imbalan solat,kita tdk akan sanggup..karna imbalan 1×solat itu,dunia ini beserta isinya itu imbalanya dalam 1× solat. Jd jangan skali2 kita meminta imbalan solat..jalankan dngan iklas,semoga kita smua mendapatkan ridhonya dr allah. Amin aimin yaroballallamin.

    ReplyDelete
  5. Allhamdulillah. Begitulah artian dr solat solat fardu..dan sy tmbahkan sedikit ya..untuk sklas kita biasanya suka minta imbalan sesudaj solat..bkn tidak boleh..klaupun allah berikan imbalan solat itu..1 sajah imbalan solat,kita tdk akan sanggup..karna imbalan 1×solat itu,dunia ini beserta isinya itu imbalanya dalam 1× solat. Jd jangan skali2 kita meminta imbalan solat..jalankan dngan iklas,semoga kita smua mendapatkan ridhonya dr allah. Amin aimin yaroballallamin.

    ReplyDelete